Bappeda dan BPS ikuti Kickoff Sensus Penduduk Tahun 2020

Selasa, 1 September 2020 12:22

Bappeda dan BPS ikuti Kickoff Sensus Penduduk Tahun 2020
Bappeda dan BPS ikuti Kickoff Sensus Penduduk Tahun 2020

Pada hari senin (31/08), BPS Kota Pekanbaru Bersama dengan Bappeda Kota Pekanbaru menghadiri Kickoff Sensus Penduduk Tahun 2020. Bappeda Kota Pekanbaru dan BPS Kota Pekanbaru menghadiri Meeting Kickoff bertempat dikantor BPS Kota Pekannbaru. Meeting Kickoff ini diadakan oleh BPS Pusat yang disiarkan keseluruh BPS Propinsi dan Kabupaten/Kota secara daring.

Pada acara meeting kickoff tersebut Kepala BPS, Dr. Suhariyanto memberikan kata sambutan sekaligus pengantar pembuka acara serta penyampaian tujuan diadakan meeting kickoff. Dalam kata sambutannya, beliau menyampaikan bahwa pada tanggal 1 September 2020 akan mulai diadakan Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP2020). Kegiatan ini merupakan verifikasi lanjutan dilapangan terhadap hasil dari pengisian Sensus Penduduk Online yang dilaksanakan sejak 15 Februari 2020 yang lalu. Dalam hal ini petugas resmi dari BPS akan didampingi oleh RT yang akan mendatangi kerumah-rumah warga untuk verifikasi data. Beliau juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaannya dilapangan, dalam era menghadapi pandemi Covid-19 ini, petugas akan menjalankan protokol Kesehatan sebagai syarat utama untuk mendatangi rumah warga. Petugas juga akan dilengkapi tanda pengenal dan atribut BPS.

Dalam sambutannya juga, Kepala BPS memaparkan data penduduk Indonesia yang telah mengikuti Sensus Secara Online yang ditutup pada tanggal 29 Mei 2020 adalah sebanyak 51,36 Juta Jiwa. Jumlah yang dicapai ini berada diatas target yang dicanangkan oleh BPS sendiri, karena kegiatan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia. Sedangkan menurut kepala BPS Kota Pekanbaru, untuk Kota Pekanbaru sendiri yang telah mengikuti sensus secara online adalah sebesar 179.460 jiwa, atau lebih kurang 20% dari jumlah penduduk Pekanbaru. Untuk petugas yang akan turun kelapangan adalah sebanyak 648 orang. Kepala BPS Kota Pekanbaru berharap Pemerintah Kota Pekanbaru ikut mendukung dan berperan aktif dalam kegiatan ini. Sedangkan dari sisi Bappeda sendiri, sensus penduduk ini merupakan elemen penting sebagai bahan untuk data dalam sisi perencanaan pembangunan dan pengambilan kebijakan serta keputusan. Keterlibatan Bappeda Kota Pekanbaru dalam acara ini juga berperan dalam mendukung pencanangan oleh Presiden Republik Indonesia tentang Satu Data Indonesia.