Konsultasi Publik Rancana Tata ruang Wilayah (RTRW) Kota Pekanbaru

Selasa, 27 Agustus 2019 08:30

Konsultasi Publik RTRW Kota Pekanbaru
Konsultasi Publik RTRW Kota Pekanbaru

Pada hari senin (26/08), Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Kota Pekanbaru melaksanakan Konsultasi Publik RTRW Kota Pekanbaru. Acara Konsultasi Publik tersebut di buka oleh Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru selaku Ketua TKPRD Kota Pekanbaru, Drs. H. MOHD. Noer, MBS, SH, M.Si, MH. Acara ini juga dihadiri oleh Walikota Pekanbaru, DR. H. Firdaus, ST, MT.

Agenda kegiatan Konsultasi Publik ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Penyampaian Laporan Pelaksanaan Konsultasi Publik oleh Kepala dinas PUPR, Indra Pomi Nst. ST, M.Si. selaku Sekretaris Tim TKPRD Kota Pekanbaru, kemudian dilanjutkan dengan Pemaparan materi dan sesi Tanya jawab. Konsultasi Publik mengundang perwakilan masing-masing OPD terkait Kota Pekanbaru, Pemerintah Propinsi Riau, Pemerintah Kabupaten Perbatasan, DPRD Kota Pekanbaru dan DPRD Propinsi Riau, Instansi Vertikal, LPM Kecamatan se Kota Pekanbaru, Akademisi, Asosiasi dan LSM.

Konsultasi Publik RTRW ini merupakan bagian dari proses penetapan Perda RTRW Kota Pekanbaru. Dalam Konsultasi Publik ini, dipaparkan muatan-muatan RTRW seperti Struktur Ruang, Pola Ruang, dan Penetapan Kawasan Strategis. Selama pelaksanaan Konsultasi Publik ini, banyak tanggapan dan masukan serta saran dari para undangan yang hadir. Kritik dan saran tersebut langsung ditanggapi oleh Walikota Pekanbaru dan OPD Teknis terkait. Walikota Pekanbaru juga menyampaikan dalam sela-sela acara tersebut, setelah ditetapkan menjadi Perda, maka RTRW Kota Pekanbaru ini menjadi Pedoman dalam pembangunan Kota Pekanbaru untuk 20 Tahun ke depan. Kagiatan Konsultasi Publik ini diakhiri dengan Penandatangan Berita Acara Konsultasi Publik oleh Perwakilan dari masing-masing unsur peserta.