Kunjungan Kerja Anggota DPRD Kab. Kep. Anambas Ke Bappeda Kota Pekanbaru

Jumat, 23 Agustus 2019 15:35

Anggota Panitia Khusus  DPRD  Kabupaten Kepulauan Anambas  dari Komisi II yang bertugas membahas dan menyelesaikan  Rancangan Perda  melakukan kunjungan kerja ke Bappeda Kota Pekanbaru, pada hari Jumat 23 Agustus 2019,  yang terdiri dari 3 orang anggota pansus didampingi 2 orang staf ASN DPRD Kepulauan Anambas.

Rombongan diterima oleh Bappeda Kota Pekanbaru yang dalam hal ini diwakili Kabid Kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya (ks2d), Todi Kurniawan, SE., M.Si. bertempat di Ruang Rapat Sekretaris  Bappeda Kota Pekanbaru.

Menurut pimpinan anggota pansus tersebut, melalui kunjungan kerja ini pihaknya ingin melakukan pendalaman materi  atau mendapatkan referensi terkait dengan dan penerapan  serta  pelaksanaan  Tanggung Jawab Lingkungan Sosial Perusahaan (TJSLP) atau lebih dikenal dengan Coorporate Social Responsibility (CSR) di Kota Pekanbaru. Mengingat Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki perusahaan  Migas yang cukup besar, pihaknya ingin mengetahui lebih dalam aturan khusus yang mengatur  tentang sangsi  atau pembiayaan oleh perusahaan.hal ini dilakukan agar program pelaksanaan CSR di Kota Pekanbaru dapat diterima oleh seluruh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau.

Ditempat yang sama,  Kabid KS2D, Todi Kurniawan menyampaikan bahwa kota pekanbaru sudah mempunyai Perda tentang CSR yaitu Perda Nomor 1 tentang TJSLP (CSR), yang disahkan pada tanggal 21 Januari 2019 yang lalu, sedangkan Perwako yang mengatur tentang CSR tersebut masih dalam proses. Dan harapannya dalam tahun ini juga Perwako CSR  akan selesai dan siap untuk diterapkan.

Kabid KS2D juga menambahkan bahwa, sebenarnya untuk saat ini  sudah banyak perusahaan-perusahaan di kota pekanbaru yang melaksanakan tanggungjawabnya untuk membantu masyarakat dengan menyalurkan sebagian dari keuntungan perusahaan kepada masyarakat,  seperti misalnya perusahaan Chevron, Angkasa Pura, PT. Pelindo, Indomaret, Bank BNI, Baznas, telah memberikan bantuan fokus pada bidang lingkungan hidup, sosial, penidikan, ekonomi dan kemasyarakatan. Namun masih banyak perusahaan lainnya yang sudah memberikan  bantuan tersebut belum diventarisir dengan baik. Dan kedepannya akan   diatur tentang pembentukan forum csr serta tugas dan tanggungjawabnya dalam pelaksanaan csr.