Tim Verifikasi Kab/Kota Sehat (KKS) Kementrian Kesehatan Melakukan Kunjungan DI Kota Pekanbaru

Kamis, 15 Agustus 2019 09:15

Penyerahan plakat pada tim verifikasi Kementrian Kesehatan RI
Penyerahan plakat pada tim verifikasi Kementrian Kesehatan RI

Pada tanggal 13-14 Agustus 2019 Tim Kabupaten Kota Sehat (KKS) dari Kementrian Kesehatan melakukan kunjungan dalam rangka penilaian kota sehat di kota pekanbaru yang terdiri dari 2 orang (Bpk. Trisno Soebarkah dan Ibu Wulandari) dari kemenkes RI serta didampingi oleh Tim dari Dinas Kesehatan Propinsi Riau dan Bappeda Propinsi Riau. Tim diterima di ruang rapat lt. 2 Bappeda Kota Pekanbaru.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Tim Pembina Kota Sehat Kota Pekanbaru yang diwakili oleh plh. Assisten  1 Bpk. H. Syamsuir, Ketua Forum Kota Sehat Bpk. Mardianto Manan serta perangkat daerah lainnya yang terkait dengan pelaksanaan kota sehat, antara lain Bappeda Kota Pekanbaru, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas PUPR, Dinas LHK, Dinas Perhubungan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Dinas Tenaga Kerja, Disbudpar, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Agenda pada hari pertama, Tim melakukan kunjungan ke Sekretariat Tim Pembina Kota Sehat dan Forum Kota Sehat Kota Pekanbaru. Tim disambut oleh plh. Asisten I, Bpk H. Syamsuir. Dalam sambutannya, plh. Assisten I menyampaikan bahwa Kota Pekanbaru dalam penyelenggaraan KKS  tahun ini mengambil kategori penghargaan Swasti Shaba Padapa dengan dua tatanan yaitu tatanan 1 (kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum) dan tatanan 8 (kehidupan masyarakat  sehat yang mandiri) dari 9 tatanan yang ada. Dalam sambutannya juga disampaikan bahwa Kota Pekanbaru pada tahun 2005 dan 2007 yang lalu sudah pernah mendapatkan penghargaan   tertinggi yaitu Swasti Shaba Padapa. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Kota Pekanbaru vakum dan tidak pernah lagi mengikuti kegiatan tersebut. Pada Tahun 2017 yang lalu Kota Pekanbaru kembali mencoba lagi untuk mengikuti kegiatan tersebut, namun belum lolos bedah dokumen, hingga pada tahun ini  mudah-mudahan Kota Pekanbaru berhasil untuk mendapatkan penghargaan.  Disela pidatonya plh Assisten I juga menyampaikan bahwa sebenarnya penghargaan bukanlah tujuan utama tapi yang terpenting adalah  bagaimana agar masayrakat kota pekanbaru dapat hidup sehat,  bersih, aman, nyaman dan layak untuk dihuni.

Sesuai dengan jadwal, agenda hari kedua adalah paparan oleh Tim Pembina dan Forum Kota Sehat, yang disampaikan langsung oleh Sekretaris Forum, Bapak Hasan Supriyanto. Beliau menjelaskan mulai dari dasar  hukum terbentuknya Forum Kota Sehat Kota Pekanbaru sampai dengan aktifitas serta kegiatan-kegiatan forum yang telah dilaksanakan selama 2 tahun kebelakang. Lebih kurang  satu setengah jam paparan, dilanjutkan dengan kunjungan lapangan.

Kunjungan pertama di awali dengan mengunjungi lokus  RTH Putri Kaca Mayang Jln. Sudirman, setelah itu dilanjutkan dengan mengunjungi Sekolah Adiwiyata Min 1 Jln. Sumetara, selanjutnya menunju Hutan Kota Jln. Diponegoro, Rumah Sakit Mata SMEC, selanjutnya Posyandu Kel. Air Dingin, dilanjutkan ke Pasar Lima Puluh, Puskesmas Rejosari, Pemukiman Lembah Damai (Program Kotaku), Bank Sampah Dalang Collection dan kunjungan lokus terakhir adalah di Kecamatan Rumbai Kelurahan Agrowisata.  Kelurahan Agrowisata ini terdapat satu rw dan rt (RW 5/RT 5) menyepakati bahwa wilayah RW 5 RT 5 ini tidak membenarkan  warganya untuk merokok (Kawasan Tanpa Rokok). Hal ini ditandai dengan penandatanganan satu konsensus (kesepakatan) oleh semua warga. Terlihat bahwa warga sangat antusias dengan kedatangan tim verifikasi ini.

Sebelum tim  melanjutkan kunjungan ke Kab. Rohul, Tim Verifikasi melakukan evaluasi  terkait dengan verifikasi yang telah dilaksanakan, dan ada beberapa catatan yang mungkin menjadi perhatian kita bersama.