Apakah Hanya Anggaran yang Membatasi ?

Oleh: Todi Kurniawan, SE, M.Sc (Kabid Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah)

Rabu, 12 Januari 2022 13:03

Rapat Penyusunan Rancangan Rencana Pembangunan Daerah (DOKRENDA) Kota Pekanbaru Tahun 2023-2026
Rapat Penyusunan Rancangan Rencana Pembangunan Daerah (DOKRENDA) Kota Pekanbaru Tahun 2023-2026

"Apakah hanya anggaran yang membatasi perangkat daerah dalam pembuatan Renstra ? Lalu apa gunanya Bappeda merumuskan tujuan dan sasaran beserta indikator nya hingga menurunkan dan memilihkan  program untuk mendukung sasaran tersebut kalau bukan OPD yang melaksanakannya?" Begitu sanggahan seorang kolega setelah membaca kolom/opini sebelumnya. Sebuah pertanyaan sekaligus pernyataan yang bagus dan langsung masuk pada substansi.

Semenjak "rezim" Permendagri 90 tahun 2019 beserta seluruh turunan Kepmendagri, menu program sampai ke sub kegiatan telah diatur sedemikian rupa dan telah terhidang seperti di meja makan. Kita hanya tinggal memilih mana yang kita suka atau yang sesuai dengan kebutuhan kita. Berbeda dulu dengan Permendagri 13 yang telah "disuntik mati" dimana ada opsi "dst" yang bermakna kita bisa menambahkan sendiri program dan kegiatan yang diinginkan.

Oleh karena itu secara tidak langsung program-program yang dipilih baik oleh Bappeda sebagai pembuat sekaligus koordinator dalam penyusunan dokumen perencanaan daerah maupun Perangkat Daerah yang memiliki urusan masing-masing akan bertemu juga dalam pemilihan menu yang telah tersedia di "meja makan".

Sebagaimana RPJMD, RPD dalam penyusunan dan perumusannya menurunkan tujuan dan sasaran hanya sampai kepada pemilihan program. Pilihan program dari menu yang tersedia di Permendagri 90 tahun 2019 relatif lebih sedikit dan cenderung akan terpakai/dipilih semua. Seolah-olah Bappeda dan Perangkat Daeah "dikondisikan/diatur" akan bertemu ketika memilihnya. Keadaan seperti yang disebutkan diatas,  tujuan, sasaran beserta Program yang disusun oleh BAPPEDA sekitar 95 % akan diadopsi oleh perangkat daerah.

Dapat kita ambil kesimpulan pertanyaan diatas tidak lagi menjadi isu yang utama. Isu yang utama adalah menyesuaikan maksud dan tujuan dibalik pemilihan program-program dan penentuan kegiatan serta sub kegiatan yang ada dibawah program-program tersebut. Kita ketahui bahwa kegiatan dan sub kegiatan ada di Renstra.